Peneliti UKI Paulus Lakukan Penelitian Strategi Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Produk Kuliner Di Makassar.

alt
Peneliti UKI Paulus Lakukan Penelitian Strategi Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Produk Kuliner Di Makassar.

Program penelitian MBKM dilaksanakan oleh Tim Peneliti LPPM UKI Paulus Makassar melalui program investasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tim peneliti terkait e-commerce terdiri atas tiga orang dosen yaitu Dr. Natalia Paranoan, SE. M.Si. Ak. CA., Matius Sau, ST. MT, dan Carolus Askikarno Palallangan, S.E., M. Ak. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik Elektro dibantu oleh para mahasiswa kampus merdeka UKI Paulus. Saat ini pemerintah melaksanakan program MBKM yang diterapkan pada PTN dan PTS di seluruh Indonesia. UKI Paulus adalah salah satu PTS yang memperoleh kesempatan tersebut dengan mengikutsertakan dosen dan mahasiswa UKI Paulus ke berbagai PTN dan PTS swasta di seluruh Indonesia ke berbagai PTN dan PTS dari pulau Jawa dan Sumatra. Program MBKM yang dicanangkan oleh pemerintah ini membawa dampak yang sangat luas di mana semua pihak memperoleh manfaat dari kegiatan ini. Perguruan tinggi, dosen, dan mahasiswa semakin meningkat kualitasnya dengan adanya berbagai kegiatan MBKM. Salah satu mata kuliah yang ditawarkan adalah mata kuliah Digital Commerce yang diikuti oleh mahasiswa inbound, outbound, dan mahasiswa regular UKI Paulus sendiri. Oleh sebab itu pelaksanaan penelitian melibatkan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik Elektro UKI Paulus mengenai strategi penerapan digital commerce yang diterapkan di UMKM produk kuliner. Diharapkan dari kegiatan penelitian ini dapat melatih mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di dalam ruang kelas kepada masyarakat. Perkembangan teknologi telah merubah cara interaksi dalam komunikasi pemasaran dari face to face (konvensional) menjadi screen to face (internet marketing), terlebih dengan adanya pandemic Covid-19 sejak awal tahun 2020. Hal ini menyebabkan peningkatan secara masif pengguna internet serta pengguna media sosial di Indonesia yang berdampak pada peningkatan minat berbelanja secara online. Adapun studi kasus dilaksanakan pada UMKM Frenzo Frozen Food yang berlokasi di Bumi Tamalanrea Permai Makassar. Strategi digital marketing yang diterapkan pelaku bisnis sangat baik terbukti dengan peningkatan omset penjualan dan pendapatan yang diperoleh padahal masih dalam masa pandemic. Salah seorang mahasiswa Manajemen UKI Paulus yang juga merupakan mahasiswa Kampus Merdeka asal Universitas Singaperbangsa Karawang Novia Zahra mengaku senang terlibat langsung mengikuti program penelitian MBKM karena mendapatkan inspirasi baru, wawasan kewirausahaan dan e-commerce dan menghasilkan ide serta kreativitas untuk membuka bisnis di masa mendatang. "Sangat banyak hal positif yang bisa kami ambil dari kolaborasi ini. Ternyata teori dan praktik dalam dunia usaha bisa berbeda, tergantung pangsa pasar yang ingin dituju." Tambah Cecilia, salah satu mahasiswa FEB UKI Paulus. Rektor UKI Paulus Makassar, Prof. Dr. Agus Salim, S.H., M.H. mengapresiasi penelitian terkait penerapan strategi e commerce ini karena merupakan implikasi pada mata kuliah yang diajarkan di kampus. "Kami tim peneliti bersama mahasiswa UKI Paulus Makassar berharap agar program ini terus berlanjut dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang,” Ungkap Natalia Paranoan sebagai Ketua Tim peneliti. UKI Paulus Makassar adalah salah satu universitas penerima dana hibah dari program MBKM sebesar Rp1,3 miliar (kluster 3) dengan urutan ke-66 dari 110 PTS terbaik nasional penerima dana hibah.

Berita Lainnya