Fakultas Teknik


Program Studi

Herman W Tanje,S.T.,M.T

Sekretaris

Ir. Robert Mangontan, M.T

Ketua Program Studi Teknik Sipil


Program Studi Teknik Sipil merupakan program studi pertama yang dibuka di UKI Paulus pada Fakultas Teknik. Program studi ini berdiri sejak tanggal 2 September 1963. Program studi teknik sipil memperoleh status akreditasi C pada tahun 1998, pada tahun 2005 status akreditasi meningkat menjadi B dan pada tahun 2011 akreditasi C. setelah reakreditasi, tahun 2016 ini prodi teknik sipil memperoleh Akreditasi B.

Untuk mencapai Visi Misi yang di emban, program studi Teknik Sipil melakukan usaha peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berkelanjutan. Apabila secara asosiasi profesi, program studi teknik sipil mengharapkan lulusan teknik sipil nantinya dapat bekerja pada Pemerintahan, Konsultan Perencanaan, Konsultan Pengawas, Kontraktor, Bank, dan lain-lain.

Prodi teknik sipil meyudisium 56 orang mahasiswanya pada wisuda september 2019. Wisudawan/ti ini diharapkan mampu menjadi lulusan yang professional di dalam pekerjaannya serta dipersiapkan untuk mampu melakukan perencanaan, pengawasan, dan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan. Bermoral dan menjunjung tinggi etika profesi dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, professional, inovatif, kreatif dan mampu bekerja sama dalam tim serta mampu mengembangkan diri melalui riset, upaya belajar mandiri, serta berkelanjutan, dan berwirausaha.


Visi :

Menjadi Institusi yang unggul dan menghasilkan Sarjana Teknik Sipil yang bermoral, mandiri, kreatif, inovatif, berwawasan lingkungan serta mampu bersaing secara global.

Misi :

  1. Mempersiapkan mahasiswa melalui wahana Tri Dharma Perguruan Tinggi agar mampu belajar mandiri.
  2. Membekali mahasiswa dengan IPTEK Teknik Sipil dan mampu bersaing dalam era globalisasi.
  3. Membekali mahasiswa agar bermoral dan beretika profesi yang tinggi dalam pengabdian pada masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berkelanjutan.

Konsentrasi :
Teknik Struktur, Teknik Keairan, Teknik Geoteknik, Teknik Manajemen, Teknik Transportasi

Terakreditasi BAN-PT

Penelitian 2

Karel Tikupadang, ST., MT.

Sekretaris Program Studi

Dr. Ir. Musa B. Palungan, MT

Ketua Program Studi


Program studi Teknik Mesin Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Prodi ini didirikan melalui rekomendasi Rektor Universitas Hasanuddin untuk memperoleh izin Operasional pada 20 Maret 1985. Kemudian mendapat perubahan status terdaftar berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.0289/0/1988 tanggal 18 Juni 1988 dan memperoleh status diakui berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0456/0/1990 tanggal 22 Maret 1990.

Berdasarkan hasil dari perolehan status akreditasi Teknik Mesin meraih akreditasi B berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.024/BAN-PT/AK/IV/IX/2000 tanggal 14 September 2000. Fakultas Teknik jurusan mesin kembali mendapat akreditasi B pada tahun 2006 berdasarkan keputusan BAN-PT No.030/BAN-PT/AK/IX/S1/II/2006 tanggal 9 Februari 2006. Tahun 2011 prodi teknik mesin masih bertahan dengan status akreditasi B berdasarkan SK No.001/BAN-PT/AK-IX/S1/V/2011 tanggal 06 Mei 2011. Tahun 2016 tim asesor dari Badan Akreditasi BAN-PT kembali melakukan reakreditasi terhadap prodi teknik mesin dan mendapatkan status akreditasi B dengan Nomor SK 0267/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016.

Pada wisuda Maret 2019, prodi teknik mesin melantik sebanyak 22 wisudawan/ti. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3.91 diraih oleh Febriyan.

               

Sejak berdirinya prodi teknik mesin hingga kini telah menghasilkan para alumni yang bekerja di sektor pemerintahan, perusahaan, dan industri di kawasan Indonesia Timur. Diantaranya, Danny Picarima (Puncak Jaya Power), James T.E. Gamganora (Puncak Jaya Power), Martindas Sakaro (Puncak Jaya Power), Binzar T.H. (FREEPORT), Lianus Arman M. (FREEPORT), Ferry Adiwijaya (FREEPORT), David Taruk Bua (Sandvik SMC PT), Yoseph B. Putra (FREEPORT), Victor Tasik Pasau (PT Vale Sorowako), Resthu (PT KPC Kalimantan Timur), Merry Taru (PT Megah Putra Sejahtra), Daniel Tallulembang (PT Trakindo Kalimantan Timur), Yosep Tonapa (Trakindo Utama PT), Philipus Daud (Trakindo Utama PT), Willem Benyamin (FREEPORT), Yulius Roy (FREEPORT), Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan lain-lain.


Visi :

Menjadikan program studi yang unggul di bidang Teknik Mesin. (To become study program very competitive in the field of Mechanical Engeneering)

Misi :

Konsentrasi :
Mesin Konservasi Energi, Mesin Produksi, Mesin Industri, Mesin Konstruksi.

Terakreditasi BAN PT
Penelitian 3

Rismawaty Arungla'bi

Sekretaris

Sudianto Lande,S.T.,M.T

Ketua Program Studi Teknik Elektro


Profil Program Studi:

Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Indonesia Paulus didirikan tanggal 01 Juli 1986 dengan tujuan menyiapkan sumber daya manusia di bidang ilmu Teknik Elektro agar bisa turut serta dalam membangun Indonesia khususnya pada kawasan Timur. Saat ini prodi Teknik Elektro membina 3 (tiga) konsentrasi yaitu Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektronika. Prodi Teknik elektro UKI Paulus ter-Akreditasi “B” berdasrkan SK BAN-PT No. 1274/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018 berlaku 8 Mei 2018 sampai dengan 8 Mei 2023.

 

Fasilitas

Fasilitas penunjang kegiatan akademik di prodi Teknik Elektro antara lain: 6 ruang kelas dilengkapi dengan AC dan proyektor LCD, Laboratorium (Lab. Komputer, Lab. Elektronika, Lab. Telkom, Lab. Aplikasi Telkom, Lab. Kendali, Lab. Listrik) dan perpustakaan yang dilengkapi koneksi internet dan sistem e-library.

 

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Elektro aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik secara mandiri maupun melalui berbagai hibah.

 

 

“Mendidik, Berkarya dan Mengabdi dengan Kasih”

 

Wisudawan dan Alumni

Wisudawan/ti periode Maret 2019 Prodi Teknik Elektro berjumlah 19 orang dengan IPK rata-rata 3.25. IPK tertinggi diraih oleh Bonifasius Tonapa (IPK= 3.86 dengan lama studi 3,5 tahun). Untuk mempersiapkan lulusan, dilaksanakan Bimbingan Karir bagi calon Wisudawan/ti yang melibatkan alumni Teknik Elektro. 20% Alumnus berprofesi sebagai wirausaha dalam berbagai bidang, selain itu alumnus bekerja diberbagai perusahaan Pemerintah maupun Swasta anatara lain: Perbankan, PT. Freeport Indonesia, PT. VALE Soroako, PT. Unocol Indonesia, PT.LG, PT. Telkom, PT. Smartfren, PT. Telkomsel, PT. PLN dan lainnya.

 

Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan

Dalam upaya peningkatan kualitas mahasiswa dan lulusan, Prodi Teknik Elektro didukung dengan Kurikulum Standar Nasional berbasis KKNI dengan beban akademik minimum 144 SKS yang dapat ditempuh selama 3,5 sampai 4 tahun. Staf pengajar terdiri dari dosen tetap dengan Kualifikasi S3= 1 orang, S2= 13 orang, dosen luar biasa 10 orang. Setiap tahun dilaksanakan kegiatan seminar dan Workshop antara lain: Workshop Robotik, Workshop Kelistrikan, Seminar Kewirausahaan, Seminar Teknologi Informasi, Seminar Hasil Penelitian dan Kuliah Umum dengan mengundang pakar dalam bidang elektro dan alumni sebagai narasumber.

Untuk kegiatan kemahasiswaan, Program Studi Teknik Elektro membina Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HME UKI Paulus), Unit Workshop, Komunitas Instalator, Komunitas Robotik dan Komunitas IT. Selain itu terdapat Unit Pengembangan Karakter yang berfungsi melaksanakan dan mengkoordinir kegiatan Ibadah, dan Seminar yang bertujuan peningkatan kualitas karakter dan kreativitas mahasiswa.


Visi :

Menjadi salah satu Program Studi yang terkemuka di kawasan Timur Indonesia yang menghasilkan alumni dengan kualitas tinggi, percaya diri, kreatif dan inovatif yang dapat bersaing di era globalisasi

Misi :

  1. Menyelenggarakan organisasi dan administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan berkelanjutan dengan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara optimal.
  2. Mendidik mahasiswa sebagai pribadi-pribadi yang berkualitas, bermoral, beriman, berdedikasi, berinovasi dan yang memiliki kemampuan intelek akademik dan profesional yang kompetitif.
  3. Mendorong terciptanya sinerji di kalangan civitas akademika dan seluruh warga UKI Paulus khususnya pada Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro dengan memperlihatkan toleransi yang tinggi, saling menghormati dan memelihara martabat tiap pribadi.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri.

Konsentrasi :
Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika.

Terakreditasi BAN PT
Penelitian 4

Rosalia Sira Sarungallo, S.T., M.T.

Ketua Program Studi


Program Studi Teknik Kimia Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar dibuka tahun 1992 di bawah Fakultas Teknik. Pada periode awal berdiri, Prof. Dr. Ir. Tjodi Harlim ditunjuk selaku ketua jurusan teknik kimia yang pertama dan menjabat selama dua periode. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Lydia Melawaty, M.Si, selama satu periode. Selanjutnya diteruskan oleh Maxie Djonny, ST.,MT., selama beberapa tahun, namun tidak menginjak satu periode. Periode setelah itu dipimpin oleh Rosalia Sira Sarungallo, ST.,MT. selama satu periode dan saat ini program studi teknik kimia dipimpin oleh Dra. Lyse Bulo, M.Si.

Program studi teknik kimia mengemban tugas dengan tujuan menyiapkan para lulusan menjadi Kontributor yang berarti bagi lapangan kerja dimana alumni mengabdikan diri. Dengan demikian pendidikan di program studi teknik kimia UKI Paulus diarahkan supaya para mahasiswa dapat lulus dalam kurun waktu 4 – 5 tahun. Untuk menghasilkan alumni yang berkualitas maka Jurusan Kimia selalu memotivasi lulusannya menjadi yang terbaik di Indonesia Timur. Hingga sampai saat ini, terdapat 611 lulusan teknik kimia yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari 611 alumni teknik kimia UKI Paulus telah bekerja di beberapa perusahaan ternama di Indonesia, seperti PT Pertamina, PT Freeport, PT VALE, PT Sucofindo, PT LNG BADAK, PT Semen Tonasa, PT JAFPA, PT EASTERN PEARL FLOUR MILLS Makassar, Bank Mandiri, Bank BCA dan lain-lain. Program Studi Teknik Kimia memiliki laboratorium yang berfungsi untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan penelitian berdasarkan kurikulum baru. Diantaranya, Laboratorium Pengantar Teknik Kimia 1 (Laboratorium Kimia Dasar & Laboratorium Kimia Analisis), Laboratorium Pengantar Teknik Kimia 2 (Laboratorium Kimia Organik & Laboratorium Kimia Fisika), 3 Laboratorium OTK (Laboratorium teknologi kimia), Laboratorium Proses produksi dan Laboratorium Komputer dari mata kuliah Komputasi. Mahasiswa juga terlibat sebagai jasa Analisis Pengelolaan laboratorium di teknik kimia. Dengan adanya Laboratorium dan fasilitas yang diberikan, diharapkan memperoleh keterampilan setelah tamat dari teknik kimia UKI Paulus seperti mendesain suatu industri, mengelola bahan tambang, mengoperasikan alat sulingan, mengelola sampah menjadi produk yang lebih ekonomis dan mengelola bahan alam hayati. Adapun tugas yang wajib di selesaikan mahasiswa teknik kimia yakni mendesain suatu industri dengan mata kuliah Pra-Rancangan Pabrik (2 SKS) dan Tugas Akhir berupa penelitian (4 SKS).

Lulusan teknik kimia dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan dengan mendirikan industri Kecil-Menengah/Besar seperti Pembuatan kopi instan, Pengelolahan sampah, Energi alternative, Sabun colek, transparan Nata de coco, Minyak atsiri (Nilam, Jeringau), dan Industri tepung terong Belanda.


Visi :

Program Studi Teknik Kimia Unggul dalam Pembelajaran, Penelitian dan Transfer Teknologi Kimia dalam Rangka Pengelolaan Sumber Daya Alam Berlandaskan Iman Kristiani yang Holistik

Misi :

Konsentrasi :
Energi, Pengelolaan Bahan Alam, Teknologi Proses.

Terakreditasi B BAN PT
Penelitian 5