Fakultas Ekonomi dan Bisnis


Program Studi

Maria Yessica Halik, S.E.,M.Acc.

Sekretaris

Erna Pasanda, S.E.,M.Si

Ketua Program Studi Akuntansi


Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar didirikan pada tanggal 11 Oktober 1994. Pada saat itu dipimpin oleh Drs. Mushar Mustafa, M.M., Ak yang bekerja sama dengan beberapa dosen dari Universitas Hasanuddin.

April 2018, Prodi Akuntasi UKI Paulus Makassar telah melakukan Re-Akreditasi dan mampu mempertahankan status Akreditasi “B” dengan nilai 326 dan saat ini menjadi program studi yang memiliki nilai tertinggi di UKI Paulus Makassar.

Untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan professional, program akuntansi menerapkan sistem kurikulum yang berbasis pada teknologi informasi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, prodi Akuntansi merancang kurikulum dan sistem pembelajaran yang mampu membekali sarjana Akuntansi dengan keahlian akuntansi yang selalu update.

Selama ini Prodi Akuntansi telah bekerjasama dengan berbagai instansi untuk mrningkatkan mutu lulusan, antara lain: perusahaan negeri dan swasta, Kantor Akuntan Publik, Kantor Konsultan pajak, untuk kegiatan kuliah kerja nyata profesi (KKNP) dan kedepannya prodi akuntansi akan bekerja sama untuk mengadakan KKN Tematik.

Untuk menunjang kemampuan penelitian dosen-dosen, beberapa waktu lalu program studi akuntansi menyelenggarakan workshop penelitian kualitatif dan kuantitatif pada bulan Desember 2018 dan Maret 2019 dengan menghadirkan pembicara dari Universitas Brawijaya, Malang dan Universitas Hasanuddin.

Prodi Akuntansi juga giat melakukan beberapa kegiatan seperti Collaborative Learning. Collaborative Learning adalah kegiatan studi banding dan studi aplikasi mahasiswa dan dosen Prodi Akuntansi. Collaborative Learning tahun 2019 ini diadakan di beberapa kampus di Bali yang menghasilkan kerjasama dalam bidang akademik, kemahasiswaan dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, Prodi akuntansi juga membentuk Accounting Study Club (ASC) yang terdiri dari beberapa mahasiswa yang mendapat pembelajaran khusus dari dosen Prodi Akuntansi guna mengikuti lomba akademik baik dalam kota Makassar maupun skala Nasional. Beberapa prestasi yang telah diraih oleh ASC tahun 2018-2019 ini diantaranya, Juara 2 Lomba Debat Akuntansi se-kota Makassar di Universitas Fajar, Perempatfinal COMPAC di STIE Perbanas Surabaya, Top 20 BAF di Universitas Brawijaya, dan Top 30 UNAC di Universitas Airlangga.


Visi :

Program Studi Akuntansi Yang Unggul Berlandaskan Iman Kristiani Yang Holistik

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan  dan pengajaran dibidang akuntansi  berbasis kurikulum KKNI
  2. Menyelenggarakan   penelitian di bidang akuntansi yang   inovatif   dan mengembangkan   IPTEK  serta meningkatkan publikasi ilmiah dan HKI.
  3. Menyelenggarakan pengabdian  kepada masyarakat dibidang akuntansi dan menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan Pemerintah dan Dunia Usaha .

Konsentrasi :
Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran

Akreditasi B
Penelitian 7

Muhammad Saleh

Kepala Tata Usaha

DR. Manuel A. Todingbua, S.E.,M.Si

Sekretaris

Amir Jaya, S.E.,M.Si

Ketua Program Studi Manajemen


Deskripsi Profil Jurusan

Program Studi Manajemen di Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus) adalah Porgram Studi tertua di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terdaftar sebagai Program Studi pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1980 (berdasarkan SK. Menteri No. 056/0/1980, tanggal 13 February 1980) dengan nama Program Studi Ekonomi Perusahaan. Pejabat yang menanda tangani Surat Kebputusan tersebut adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Daoed Joesoef.

Pada tahun 1986, berdasarkan SK. Menteri Nomor: 015/0/1986, tertanggal 8 January 1986, nama Program Studi Ekonomi Perusahaan diubah menjadi Program Studi Manajemen. Pejabat yang menanda tangani Surat Keputusan tersebut adalah Sekretaris Jenderal Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Joprasonto.

Kemudian penyelenggaraan program studi dilaksanakan pada tanggal 2 september 1986 dengan nomor SK penyelenggara PS: 0456/0/1990, tanggal 26 Juli 1990. Program studi manjemen kemudian mendapatkan akreditas B dengan nomor Akreditasi: 002/BAN-PT/Ak-XI/SI/VI/2008. Pada tahun 2013 tetap dengan akreditasi B dengan nomor akreditasi: 211/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013 yang berlaku hingga tahun 2018. Selain itu, akreditasi tersebut dapat dipertahankan sampai saat ini setelah direakreditasi pada tahun 2018 dengan nomor akreditasi: 1936/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 yang berlaku hingga tahun 2023.

Demi menunjang kinerja dosen, pegawai, serta proses pendidikan mahasiswa, prodi Manajemen menyediakan fasilitas-fasilitas seperti laboratorium operasional, laboratorium pemasaran, laboratorium sumber daya manusia, dan laboratorium keuangan. Selain itu prodi manajemen juga memiliki ruangan kuliah yang nyaman dengan dilengkapi pendingin udara (AC), Televisi dan LCD, untuk keamanan pada setiap sudut ruangan lengkapi CCTV, Dengan fasilitas yang dimiliki prodi manajemen, diharapkan proses perkuliahan berjalan baik, sehingga mahasiswa/i dapat menjadi lulusan yang menguasai ilmu manajemen dengan kemampuan kerja yang unggul.

Jumlah lulusan yang telah dihasilkan oleh prodi manajemen sejak awal berdirinya hingga September 2018 sebanyak 3.081 orang. Pada bulan Maret 2019, Wisudawan Prodi Manajemen sebanyak 68 orang, dimana Indeks Prestasi Tertinggi (IPK) 3,88 diraih oleh Adrian Rumussing.

 

Alumni yang Berpengaruh di Program Manajemen

  1. Drs. Yohanis Bassang, M.M. : Wakil Bupati Timika

  2. Drs. Wellin S. Layuk : Ketua DPR Tana Toraja

  3. Drs. Ismail Tallurahi, M.M. : Kepala Dinas Perindustrian Kota Makassar

  4. Yunus Sirundu’ : Kepala Bagian Perdagangan Luar Negeri Perindustrian RI

  5. Dra. Paulina Tarima : General Manajemen PT Mahoni Surabaya

  6. Drs. Max Tahapani : Kepala PLN Kalimantan Timur

  7. Paulus Palamba’, S.E. : Kepala Kabit Serse Ekonomi Polda Sulawesi Utara

  8. Drs. Alfian Sampelintin : Kepala Wilayah Bank BNI Papua

  9. Aprianus A., S.E. : Kepala Cabang Bank Danamon Palopo

  10. Dra. Ch. Jeane Tandirerung : Dosen UKI Paulus, Ketua Jurusan Manajemen

  11. Drs. Agustinus Pasalli, MM, Direktur pada Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo


 


 

Orientasi Kurikulum

Program sarjana manajemen berorientasi pada proses yang bersifat:

  1. Integrated Learning

Seluruh mata kuliah selalu berkesinambung dan terintegrasi sehingga peserta-peserta dapat memahami konsep-konsep manajemen.

  1. Scaffoded Learning

Mata kuliah diikuti secara bertahap sehingga dapat mendalami seluruh konsep manajemen secara berjenjang dan tuntas.

  1. Pracrical Learning

Mata kuliah berorientasi pada praktek dengan melakukan kuliah kerja profesi pada perusahaan, bank dan kantor pemerintah.

Berdasarkan orientasi kurikulum tersebut, diharapkan lulusan prodi manajemen dapat menjadi lulusan yang berkualitas dimana mampu menguasai ilmu manajemen, memiliki kemampuan kerja yang unggul serta pemimpin yang berkepribadian dan berjiwa entrepreneurship.


 


Visi :

Visi Program Studi Manajemen

Unggul menghasilkan Wirausahawan yang kreatif dan  inovatif yang senantiasa bersandar pada Kasih Karunia Allah

Misi :

Konsentrasi :
Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran

Terakreditasi BAN PT
Penelitian 11

Djusniati Rasinan SE.M.Si

Wakil Dekan Kemahasiswaan

Dr.Sita Sabandar SE.MM.Ak

Wakil DEkan akademik

Drs.Luther Tangdialla MM.

DEkan


Prodi Akuntansi Perpajakan (D4)

Program Studi D4 Akuntansi Perpajakan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi teknisi akuntansi ahli perpajakan yang menguasai pengetahuan dan keterampilan dibidang akuntansi dan dibidang perpajakan secara mendalam atas suatu entitas multinasional yang didukung kemampuan bekerjasama dan berkomunikasi secara efektif, dan bertanggungjawab terhadap pencapaian hasil kerja mandiri maupun organisasi dalam lingkup tanggung jawabnya

 

Kurikulum

Kurikulum program studi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan harus memuat capaian pembelajaran yang mengacu pada Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan perubahannya pada Permenristekdikti No 50 Tahun 2018 dan deskripsi level 6 (enam) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai Perpres Nomor 8 Tahun 2012 untuk Program Diploma IV (Sarjana Terapan), dan yang terstruktur untuk tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi keilmuan program studi.

 

Profil lulusan

Profesi atau jenis pekerjaan yang dapat dapat diisi oleh lulusan Program Studi D4 Akuntansi Perpajakan adalah sebagai berikut:

1. Konsultan Pajak termasuk UMKM

2. Akuntan Pajak Perusahaan

3. Account Representative (AR)

4. Pemeriksa Pajak

5. Penelaah Keberatan Pajak

6. Tax Specialist

 

Dosen   :

1. Dr. Natalia Paranoan., M.Si. Ak.Ca

2. Dr. Mika Mallisa SE.M.Si.Ak. Ca.

3. Dr. Petrus Peleng Roreng SE.M.Si.

4. Dr.Sita Y.Sabandar SE.MM.Ak.

5. Dr. Manuel Todingbua M.Si

6. Yohanis Tasikallo., SE.MM

7. Carolus Askikarno, S.E., M.Ac.

8. Dosen Luar Biasa PTN maupun PTS

9. Praktisi Pajak Instansi Pemerintah maupun Swasta


Visi :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan akuntansi perpajakan jenjang D4 dengan kurikulum yang mengacu pada SN-DIKTI dan dilandasi oleh nilai-nilai keimanan kristiani yang Holistik
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang akuntansi perpajakan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam menunjang pembangunan nasional
  4. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan stakeholder

Misi :

Menjadi Program Studi Pendidikan Vokasi yang menghasilkan profesional yang unggul berlandaskan iman Kristiani yang Holistik di bidang Akuntansi dan Perpajakan

Konsentrasi :



Penelitian 12